Dedensoleh’s Blog

Just another WordPress.com weblog

REFLEKSI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Oleh : Deden Sholehuddin

Pendidikan merupakan satu hal yang sangat penting untuk peradaban bangsa setiap Negara di dunia ini. Hal ini disebabkan karena pendidikan merupakan hal yang sangat dinamis dan sangat peka terhadap perubahan berdasarkan perkembangan zaman. Pendidikan di Indonesia mengalami beberapa perkembangan sejak zaman perkembangan Hindu Budha sampai dengan zaman pasca reformasi sekarang.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa pendidikan adalah hal yang penuh dengan unsur-unsur politik. Politik sangat berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia. Dari zaman perkembangan agama Hindu Budha ke perkembangan Islam, politik adu domba yang dilakukan pada masa colonial Belanda, sampai pada saat ini politik juga mempengaruhi system pendidkan.

Perkembangan pendidikan di Indonesia mulai dari masa perkembangan Hindu Budha sampai paska kemerdekaan berkembang secara stimultan. Dari mulai perkembangan sastra yang dibawa oleh Hindu Budha, pesantren oleh masa perkambangan Islam, sampai sekolah yang dibawa oleh masa colonial Belanda sampai sekarang.

Pada masa perkembangan Hindu Budha yang paling menonjol adalah pendidikan sastra berupa tulisan dan sastra berupa bahasa sangsekerta. Satu lagi yang menjadi cirri dari pendidikan masa perkembangan Hindu Budha adalah pendidikan budi pekerti. Pendidikan budi pekerti telah ditanamkan pada masa perkembangan Hindu Budha dan telah menjadi cirri khas bangsa Indonesia. Budi pekerti yang ditanamkan pada masa Hindu Budha berkembang dengan baik di setiap masa meskipun system pendidikan berganti dari masa ke masa.

Pada masa perkembangan Islam yang paling menonjol adalah perkembangan pondok pesantren. Pondok pesantren pada dasarnya adalah salah satu cara untuk mengembangkan serta mengadopsi budaya-budaya islam yang dibawa oleh para pedagang-pedagang dari bangsa Arab. System pendidikan pesantren lebih menekankan pada system berbasis Al-Quran dan As-Sunnah. Al-Quran sebagai dasar dari system pendidikan pesantren. Materi yang dikaji adalah ilmu-ilmu agama, seperti fiqih, nahwu, tafsir, tauhid, hadist dan lain-lain. Pondok pesantren menekankan pada kesederhanaan dengan berfikiran bahwa manusia sama haknya dimata Alloh SWT.

Pada masa colonial bangsa Barat tujuan dari pendidikan yang dibawa mereka adalah pada intinya untuk filosofi “gold, glory, dan gospel”. Berdasarkan tujuan itu mereka mendirikan lembaga pendidikan, yang dapat diterima di sekolah adalah anak golongan tertentu saja, misalnya pemimpin masyarakat atau tokoh terkenal yang disenangi Belanda. Yang dapat diterima di sekolah Belanda adalah anak dari orang yang diharapkan Belanda mau bekerja sama untuk kepentingan Belanda. Keadaan itu mendorong timbulnya sekolah swasta yang didirikan orang yang kurang menyukai Belanda itu, seperti golongan Islam. Mereka membuka sekolah swasta sebagai reaksi terhadap tindakan Belanda di bidang persekolahan.

Tidak jauh berbeda pada masa perkembangan Barat, pada awal-awal kemerdekaan di Indonesia system pendidikan masih menganut pada hal tersebut. sekolah masih tetap berjalan dengan baik akan tetapi perbedaannya adalah tidak ada lagi kapitalisme dalam pendidikan. Semua golongan masyarakat boleh mengenyam indahnya pendidikan. Kurikulum juga menjadi hal yang sangat diperhatikan dalam system pendidikan pasca kemerdekaan. Pendidikan pula telah dilindungi dengan adanya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang mencakup segala aspek pendidikan dari pendidikan formal, informal, dan non formal.

Pertanyaan yang besar adalah akankah dengan perkembangan pendidikan yang stimultan ini bisa mengubah system bangsa Negara secara luas? Ini akan menjadiagenda bersama seluruh rakyat Indonesia dengan pendidikan sebagai ujung tombak pergerakan bangsa. Karena pendidikan adalah sebuah asset terbesar yang dimiliki bangsa Indonesia. Tanpa adanya good education maka tidak ada lagi penerus perjuangan para pendahulu bangsa, karena pendidikan adalah pencetak generasi penerus bangsa.

Desember 2, 2009 - Posted by | Pendidikan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: