Dedensoleh’s Blog

Just another WordPress.com weblog

KOMUNIKASI ORGANISASI

Definisi komunikasi organisasi

Definisi komunikasi organisasi menurut Ron Ludlow dan Fergus Panton.
Corporate Communication adalah program komunikasi yang lebih luas dari kegiatan PR, termasuk di dalamnya : PR, internal relations, government relations, investor relations. Istilah ini sering digunakan untuk PR di dalam organisasi.

Definisi menurut Frank Jefkinse.Komunikasi organisasi terdiri atas semua bentuk-bentuk komunikasi yang direncanakan, ke arah luar dan ke arah dalam, antara sebuah organisasi dan publiknya karena tujuan dari pencapaian sasaran tertentu mengenai pemahaman.

Peranan Komunikasi Organisasi dalam Pembelajaran

Peranan komunikasi dalam pembelajaran adalah untuk menyampaikan apa yang harus disampaikan (materi) dari guru kepada siswa. Tanpa komunikasi akan kesulitan dalam menyampaikan materi yang seharusnya disampaikan. Komunikasi juga berguna sebagai penjaga hubungan yang harmonis dari guru dan siswa, guru dan kepala sekolah, atau guru dengan guru yang lainnya.

Peranan komunikasi organisasi dalam dunia pendidikan salah satunya adalah penyelenggaraannya system pendidikan jarak jauh atau e-learning. Pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. Pemisah kedua kegiatan tersebut dapat berupa jarak fisik, misalnya karena peserta ajar bertempat tinggal jauh dari lokasi institusi pendidikan. Pemisah dapat pula jarak non-fisik yaitu berupa keadaan yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya dekat dari lokasi institusi pendidikan namun tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di institusi tersebut. Keterpisahan kegiatan pengajaran dari kegiatan belajar adalah ciri yang khas dari pendidikan jarak jauh

Sistem pendidikan jarak jauh merupakan suatu alternatif pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Pada sistem pendidikan pelatihan ini tenaga pengajar dan peserta didik tidak harus berada dalam lingkungan geografi yang sama.

Tujuan dari pembangunan sistem ini antara lain menerapkan aplikasi-aplikasi pendidikan jarak jauh berbasis web pada situs-situs pendidikan jarak jauh yang dikembangkan di lingkungan di Indonesia yakni bekerja dengan sama mitra-mitra lainnya.

Implementasi Komunikasi Organisasi

Komunikasi di dalam organisasi harus ditingkatkan atau dipertahankan sesuai dengan kebutuhan dari organisasi. Komunikasi harus dijalankan dengan baik antar sumber daya organisasi agar kinerja dari organisasi tersebut dapat meningkat.

Dalam lembaga pendidikan misalnya komunikasi antara kepala sekolah dengan guru, staf dan murid harus terjaga dengan baik. Terjalinnya komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru, staf, dan siswa akan menciptakan iklim organisasi di lembaga/sekolah tersebut menjadi iklim yang menyenangkan dan akan terjalin hubungan yang harmonis antara sumber daya organisasi.

Keharmonisan tersebut akan meningkatkan kinerja dari sumber daya organisasi karena terjalinnya hubungan yang harmonis akan menumbuhkan motivasi dalam bekerjasama untuk kemajuan organisasi tersebut. Motivasi hanya didapatkan dari komunikasi karena komunikasi akan menumbuhkan kedekatan personal dan kedekatan personal tersebut yang memicu motivasi.

April 23, 2010 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: