Dedensoleh’s Blog

Just another WordPress.com weblog

MOTIVASI BELAJAR

Motivasi belajar terdiri dari dua kata yakni motivasi dan belajar. Motivasi telah disebutkan diatas bahwa yang artinya suatu dorongan pada diri individu yang dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan individu tersebut. Sedangkan belajar merupakan proses perubahan tingkah laku dari seseorang karena pengalaman, perubahan itu mencakup perubahan kogniif, afektif dan psikomotorik. Hal tersebut sejalan dengan pendapat dari Rachman Natawijaya (1992:22) “pengertian belajar adalah suatu pembentukan perubahan dan atau pengurangan perilaku individu, pembentukan atau peruahan itu bersifat menetap atau permanen dan disebabkan oleh adanya latihan (pengalaman) yang terarah.”

Dari uraian diatas, motivasi belajar dapat didefinisikan sebagai usaha-usaha seseorang (siswa) untuk menyediakan segala daya (kondisi-kondisi) untuk belajar sehingga ia mau atau ingin melakukan proses pembelajaran.

Tinggi rendahnya motivasi ini sangat bergantung kepada darimana timbulnya motivasi itu. Tim Dosen MKDK Kurikulum dan Pembelajaran (1996:109) mengemukakan “Untuk mengetahui motivasi ini dapat dikenal dua tipe motivasi yaitu: motivasi intristik dan motivasi ekstrinsik.” Yaitu:

1. Motivasi Intristik

Motivasi intristik adalah keinginan untuk bertindak yang disebabkan beberapa faktor pendorong dari dalam diri individu. Tingkah laku terjadi tanpa dipengaruhi oleh faktor dari lingkungan, individu yang digerakkan oleh motivasi intristik akan merasa puas apabila kegiatan yang dilakukan akan membuahkan hasil.

2. Motivasi ekstrinsik

Motivasi ekstrinstik adalah motivasi yang datangnya dari luar individu sebagai perangsang yang menyebabkan individu melakukan kegiatan tertentu. Motivasi ekstrinsik itu tidak dapat dipisahkan dalam proses interaksi belajar mengajar karena motivasi tersebut dapat digunakan sebagai alat untuk membangkitkan semangt belajar peserta didik dan guru.

Menurut Abin Syamsudin (2002:40) motivasi belajar seseorang dapat dilihat dari indicator berikut ini. Pertama, frekuensi kegiatan belajar dilakukan. Aspek ini mengacu kepada sering tidaknya kegiatan belajar dilakukan. Orang yang mempunya motivasi belajar tinggi akan ditandai oleh sering tidaknya kegiatan belajar dilakukan. Orang yang mempunyai motivasi belajar tinggi akan ditandai oleh serng tidaknya kegiatan belajar dilakukan, Kedua, Durasi kegiatan belajar dilakukan. Aspek ini mengacu kepada seberapa lama suatu kegiatan belajar dilakukan. Semakin lama orang melakukan kegiatan belajarnya ini mengandung arti semakin kuat motivasi belajarnya. Ketiga, Persistensi kegiatan belajar dilakukan. Aspek ini mengacu kepada ketepatan dan kelekatan kegiatan belajar dilakukan. Ini artinya apa yang siswa pelajari sesuai dengan tuntutan kurikulum atau pembelajaran yang diselenggarakan guru. Dengan kata lain siswa mempeljari apa yang seharunya dipelajari. Keempat, devosi kegiatan belajar dilakukan. Aspek ini mengacu kepada pengorbanan yang individu lakukan dalam belajarnya. Misalnya ia sanggup mengirbankan waktu luangnya hanya untuk belajar, individu mengaluarkan uang hanya untuk membeli buku pelajaran, dan lain-lain. Kelima, kemampuan menghadapirintangan dan kesulitan dalam kegiatan belajar. Aspek ini mengacu kepada sejauh mana ia sanggup menghadapi dan menyelesaikan tantangan, hambatan dan rintangan dalam suatu pembelajaran. Misalnya, individu sanggup mencari buku sumber ke tempat lain ketika tidak ada di sekolah atau di guru. Keenam, tingkat aspirasinya dalam kegiatan belajar. Aspek ini mengacu kepada seberapa kuat dorongan belajarnya terutama dalam rangka pencapaian cita-cita belajar. Dengan adanya dorongan ini individu cenderung untuk selalu menyuguhkan yang terbaik dalam belajarnya.

Mei 1, 2010 - Posted by | Pendidikan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: