Dedensoleh’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Kajian Pendidikan di Malaysia


Malaysia kini telah menjelma menjadi Negara maju di Asia Tenggara. Dilihat dari segi ekonomi, pertahanan, kamanan, serta pendidikan. Hal tersebut terjadi dikarenakan pendidikan d Negara tersebut sangat diutamakan sebagai hal yang mesti dikembangkan. Pada masa sebelum ini Malaysia banyak mengadopsi system pendidikan di Indonesia, akan tetapi sekarang Malaysia telah jauh lebih berkembang dari Indonesia yang notebene adalah Negara yang diadopsi oleh Malaysia.

Pendidikan di Malaysia pada dasarnya banyak mengadopsi system Negara Inggris karena Negara Malaysia adalah nagara bekas jajahan Inggris. Hal ini juga menyebabkan Negara Malaysia maju dari segi pendidikannya. Hal ini dikarenakan Negara Inggris sangat memperhatikan pandidikan untuk Negara jajahannya. Jadi segala peninggalan pendidikan inggris khususnya dari segi pendidikannya sangat dijaga dengan baik. Berbeda dengan Negara Indonesia yang bekas jajahan belanda, karena Negara Belanda hanya ingin mengeruk kekayaan Negara jajahannya tanpa memberikan pendidikan yang intensif untuk Negara jajahannya.

Tingkatan pendidikan di Malaysia

Tingkatan atau jenjang pendidikan di Malaysia terdiri dari Prasekolah, Pendidikan rendah, Pendidikan menengah dan Pengajian tinggi. Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Negara Indonesia yang memiliki tingkatan pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Tinggi (Perguruan Tinggi).

Prasekolah sama halnya dengan pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/TK) di Indonesia. Pendidikan Prasekolah atau disebut tadika tidak terlalu diwajibkan. Jenjang usia pendidikan tadika adalah sekitar 4 sampai dengan 6 tahun.

Pendidikan rendah di Malaysia memiliki mata pelajaran wajib yang harus dipenuhi. Mata pelajaran tersebut adalah bahasa melayu dan bahasa inggris. Kompetensi tersebut harus dimilki oleh lulusan pendidika rendah. Sekolah rendah awam di Malaysia terbagi pada dua jenis, yaitu Sekolah Kebangsaan dan Sekolah Jenis Kebangsaan. Perbedaan sekolah tersebut hanya pada bahasa pengantar. Bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa pengantar di Sekolah Kebangsaan. Bahasa Tamil atau bahasa Mandarin digunakan sebagai bahasa pengantar di Sekolah Jenis Kebangsaan.

Pendidikan menengah adalah pendidikan lanjutan dari pendidikan rendah. Mata pelajaran sains dan matematika menjadi mata pelajaran yang diunggulkan dan menjadi mata pelajaran yang utama setelah bahasa. Tingkatan kelas di pendidikan menengah terdiri dari kelas 1 sampai 5. Di setiap tingkatan terdiri dari 1 tahun.

Pendidikan tinggi menjadi jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah. Di Negara Malaysia banyak subsidi yang diberikan oleh pemeintah kerajaan Malaysia. Selain itu, terdapat juga institut perguruan dan politeknik bagi yang berminat.

Jenis-Jenis Sekolah di Malaysia

Ada beberapa jenis sekolah di Malaysia, antara lain:

  • Sekolah Kebangsaan
  • Sekolah Wawasan
  • Sekolah Agama Islam
  • Sekolah Mubaligh
  • Sekolah bestari
  • Sekolah berasrama penuh

Siswa atau Peserta Didik

Siswa di Malaysia sangat menjunjung tinggi wawasan kebangsaan Negara Malaysia. Siswa di Malaysia sangat menjunjung tinggi kedisiplinan serta kearifan. Kedisiplinan dipupuk dengan arahan dari pemerintah melalui peraturan dan perundang-undangan. Sekolah juga memiliki kebijakan untuk membuat peraturan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Akan tetapi masih banyak juga siswa di Malaysia yang kurang mematuhi peraturan-peratiran yang telah ditetapkan.

Pengelolaan kelas juga mempengaruhi peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Kapasitas kelas diperhatikan agar terjadi kenyamanan untuk melakukan kegiatan belajar dan pembelajaran. Ini sangat mempengaruhi tingkat motivasi belajar serta prestasi siswa. Prestasi siswa amat dipengaruhi oleh kualitas guru sebagai pendidik serta pemimpin siswa di dalam kelas.

Guru dan Kepala Sekolah

Peranan guru pada dasarnya sama di semua Negara yaitu sebagai pengajar, fasilitator, pemimpin, dan motivator bagi siswa. Guru amat berperan dalam perkembangan siswa. Siswa dapat berkembang dengan baik apabila diajar oleh guru yang memiliki kualitas yang baik. Di Malaysia guru dibekali dengan keterampilan yang baik untuk mengatur keadaan emosi siswa.

Guru dapat dikatakan memiliki prestasi apabila siswa yang diajarkannya memiliki kualitas dan suskes menatap masa depan. Hal ini dikarenakan kesuskesan dari seorang siswa dipengaruhi oleh guru.

Pengetua sekolah (kepala sekolah) mempunyai peranan yang amat penting bagi kemajuan sekolah. Hak dari pengetua sekolah adalah menciptakan kebijakan sekolah. Kebijakan-kebijakan pengetua sekolah bertujuan untuk kenajuan sekolah. Mencapai kemajuan pendidikan di Malaysia kementerian Malaysia memberlakukan pelatihan-pelatihan bagi kepala sekolah karena dinilai kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangan sekolah serta pendidikan di Malaysia.

Komparasi system pendidikan Malaysia dengan Indonesia

Pada dasarnya pendidikan di Malaysia dan Indonesia tidak jauh berbeda. Perbedaan yang menonjol dari pendidikan di kedua Negara tersebut hanya pada nama jenjang pendidikan kedua Negara tersebut. tingkatan jenjang pendidikan juga berbeda contohnya ada di sekolah menengah. Sekolah menengah di Malaysia ditempuh dalam jenjang waktu 5 tahun sedangkan di Indonesia 6 tahun.

Negara Malaysia cenderung lebih maju dari bidang pendidikan karena kurikulum yang dipakai baku dan tidak sering ada pergantian kurikulum. Berbeda dengan Negara Indonesia yang sering terjadi pergantian kebijakan serta kurikulum sehingga membuat pelaksana teknis pendidikan di Indonesia lambat untuk berkembang. Alasan lain yang berpangaruh dalam kemajuan pendidikan di kedua Negara adalah karena bekas jajahan dari Negara yang berbeda. Hal ini sedikitnya mempengaruhi system pendidikan di kedua Negara.

Negara yang baik adalah Negara yang bisa mengakui kelemahan dan memperbaiki kelemahan Negara tersebut. ini yang harus dilakukan oleh Negara Indonesia yang sedikit tertinggal dari segi pendidikan. Cara yang dilakukan adalah belajar dari Negara yang jauh lebih maju Negara kita dengan mengkomparasikan system yang baik.

Referensi: Perkuliahan Komparasis Sistem Pendidikan Jurusan Adpend UPI Bandung, 2009

Februari 28, 2011 - Posted by | Pendidikan

1 Komentar »

  1. trimakasih wawasanya

    Komentar oleh m misbakhul munir | Mei 16, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: